logo blog

10 Tips Mengatasi Laptop Yang Blue Screen

10 Tips Mengatasi Laptop Yang Blue Screen

10 Tips Mengatasi Laptop Yang Blue Screen - Bagi pengguna sistem operasi Windows, harus sudah tahu atau telah mengalami apa yang disebut Blue Screen Of Death, atau lebih dikenal dengan bluescreen saja. Sesuai namanya, ketika kesalahan ini terjadi, monitor hanya menampilkan layar biru muncul hanya dengan tulisan putih yang berisi deskripsi dari kesalahan yang terjadi. Kesalahan Blue Screen terjadi ketika ada sinyal kerusakan serius yang terjadi pada sistem komputer Anda. Secara umum, pada laptop atau komputer layar biru terjadi ketika ada masalah atau kerusakan yang berhubungan dengan hardware atau driver yang diinstal.

 Laptop Blue Screen Windows 7


Beberapa mungkin bertanya, Driver apa? Yang dimaksud dengan driver di sini adalah sebuah program yang menjadi penghubung antara komponen perangkat keras yang meliputi perangkat input / output (seperti kartu grafis, kartu jaringan, keyboard, mouse, web cam, printer, scanner, dll) dengan sistem operasi yang digunakan. Jadi kita tahu misalnya: xxx driver printer jenis untuk sistem operasi Windows 7 versi 64 bit.

10 Tips Mengatasi Laptop Yang Blue Screen
10 Tips Mengatasi Laptop Yang Blue Screen


Jadi, apa yang harus kita lakukan ketika laptop yang kita gunakan untuk mengalami layar biru? Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa sebenarnya dalam pesan kesalahan sudah terkandung kode kesalahan bluescreen yang terjadi dan tindakan apa yang harus kita lakukan. Tetapi karena pesan kesalahan ditampilkan teknis, sehingga kadang-kadang membuat kita sulit untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang kita harus memperbaiki. Alih-alih mencari arti dari kode kesalahan, bebarapa tips langsung dapat melakukan langkah-langkah berikut jika Anda memiliki laptop saat bluescreen.

1. Mengembalikan jendela sistem negara untuk periode sebelumnya.
Dalam sistem operasi Windows, ada 3 utilitas yang dapat digunakan untuk mengembalikan pengaturan dan aplikasi yang terinstal untuk jangka waktu tertentu telah berlalu, yaitu:
Last Known Good Configuration - Fitur ini dapat kita akses ketika Windows akan melakukan startup
System Restore - Kemampuan untuk memulihkan sistem operasi untuk kondisi pada periode sebelumnya
Rollback Driver - Sebuah utilitas yang berfungsi untuk uninstall driver yang kita gunakan
Ketiga penjelasan lebih rinci tentang alat ini dan bagaimana menggunakannya Anda dapat membaca tips berikut.

2. Pastikan hard drive masih tersedia ruang yang cukup lega.
Hal ini diperlukan misalnya ketika aplikasi membuat file sementara cukup besar. Jika ruang kosong pada hard drive mulai berkurang, maka kita harus membersihkan file-file yang tidak diperlukan, seperti file internet sementara dan sebagainya. Untuk langkah-darifile laptop hard disk membersihkan file yang tidak terpakai Anda dapat membaca tips berikut.

3. Laptop Scan dengan Antivirus
Virus beberpa dapat menyebabkan laptop bluescreen, terutama bila ada virus yang merusak Master Boot Record (MBR) atau boot sector. Sebelum memindai hard drive laptop, Anda harus memverifikasi bahwa antivirus diperbarui dan dikonfigurasi untuk memindai MBR atau boot sector dari hard drive.  laptop blue screen on startup

4. Install Windows Update dan Service Pack Windows
Microsoft menyediakan dukungan untuk pembaruan sistem operasi yang dikeluarkan dalam bentuk paket layanan, keamanan, dan update penting lainnya atau opsional. Dengan menjalankan Windows diharapkan untuk memperbarui sistem komputer kita akan selalu mendapatkan fitur terbaru, dilindungi terhadap virus dan bug lainnya. Lebih tutorial tentang cara memperbarui sistem operasi Windows, dapat dibaca dalam artikel berikutnya.

5. Update Driver Hardware
Selain memperbarui sistem operasi, hal yang tidak kalah penting namun sering kita lewatkan adalah update pada driver komponen perangkat keras yang terpasang pada laptop. Kebanyakan kasus terjadi bluescreen karena berkaitan dengan driver yang digunakan. Langkah mengupdate driver komputer adalah salah satu cara yang dapat memperbaiki kesalahan bluescreen pada laptop.

6. Gunakan pengaturan default di BIOS.
Kesalahan konfigurasi misalnya pada BIOS overclocking dapat menyebabkan berbagai masalah termasuk kesalahan penyebab bluescreen. Dalam beberapa kasus ini dapat merusak laptop bluescreen diperbaiki dengan memulihkan atau reset setting BIOS ke pengaturan default.

7. Angkat dan mengganti Memory Laptop
Dalam satu kasus, kadang-kadang hanya dengan menghapus memori laptop dan meletakkannya kembali, dapat memperbaiki beberapa kerusakan pada laptop seperti laptop tidak bisa boot atau bluescreen laptop. Yang harus diperhatikan adalah kehati-hatian saat membuka dan memasang kembali memori laptop.

8. Lakukan tes diagnostik pada perangkat keras yang terpasang.
Pada beberapa laptop dilengkapi dengan fitur dignostic tes selft. Jalankan fitur ini untuk menentukan masalah hardware laptop. Perhatikan pesan kesalahan yang muncul sehingga jika kita tidak tahu itu dapat diminta untuk ahli yang kompeten

9. Perbarui BIOS.
Dalam beberapa kasus, sudah BIOS usang dapat menyebabkan laptop bluescreen, karena beberapa yang tidak kompatibel di BIOS.

10. Jalankan laptop hanya menggunakan perangkat keras yang diperlukan.
Mungkin ini sepuluh tips untuk dieksekusi hanya jika Anda mahir membongkar komponen laptop. Kehilangan beberapa komponen perangkat keras dan menjalankan laptop hanya dengan menggunakan motherboard komponen, prosesor, memori, hard drive, keyboard, kartu video dan monitor itu. Dengan melakukan metode pasang lepas dari perangkat keras yang terpasang, mudah-mudahan kita bisa mencari tahu di mana perangkat keras yang menyebabkan bluescreen laptopmenadi.

Mungkin itu 10 tips tentang cara untuk memperbaiki bluescreen laptop yang bisa kita coba. Jika Anda pernah mengalami laptop bluescreen dan mencari solusi, silakan berbagi pengalaman Anda melalui komentar di bawah ini.

Baca Artikel Lainnya: 
 acer laptop blue screen
 dell laptop blue screen
 dell laptop blue screen on startup
 dell laptop has blue screen
 laptop blue screen
 laptop blue screen fix
 laptop blue screen of death
 laptop blue screen on startup
 laptop blue screened
 laptop blue screen error
 laptop blue screen recovery
 laptop blue screen crash dump
 laptop blue screen of death fix
 laptop blue screen windows 7
 laptop blue screen with no error message
 laptop blue screens then restarts
 samsung laptop blue screen
 sony laptop blue screen
 pick up laptop blue screen
 toshiba laptop blue screen on startup

Share this:

Enter your email address to get update from MyLaptopMati.

Tidak ada komentar

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Info seputar laptop dan handphone mati - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger
test